✘ Proses Penyebaran Islam Di Indonesia


Proses masuk dan penyebaran Islam di Indonesia

Masuknya islam di Nusantara menjadi era yang sangat penting dalam sejarah nasional Indonesia, mengapa? sebab islam memberi perubahan yang berarti dalam kala sejarah Indonesia dan menjadi fondasi awal dari konsep Indonesia. Namun proses masuknya islam di Indonesia masih tidak terperinci alasannya ada kesimpangsiuran dari proses masuknya islam di Indonesia, seperti kapan islam benar-benar mulai masuk ke Indonesia. Namun kita mampu memperkirakan kapan masuknya Indonesia lewat beberapa bukti yang berikut ini.


Makam Fatimah binti Maimun
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, makam ini ditemukan di Leran Gresik. Pada Batu nisan tertulis nama Fatimah binti Maimun dengan angka/tahun 1082M. dengan demikian bisa jadi bahwa islam telah masuk ke Indonesia sejak pada kala ke-11

Makam Sultan Malik As Saleh
Sultan Malik As Saleh yaitu seorang sultan dari Samudra Pasai yang pada makamnya tertulis angka 1297M. Bukti ini menawarkan bahwa islam telah masuk di Indonesia terutama di kawasan Aceh pada masa ke-13. Namun, mampu juga islam telah jauh hadir sebelum sultan memeluk agama Islam.

Kronik Marco Polo
Pada tahun 1092 M, seorang penjelajah dari Italia, Marco Polo, singgah di daerah Kesultanan Perlak Aceh Utara. Ia mengatakan bahwa pada kurun ke-11, Islam juga telah berkembang di Sumatra bab utara serta di wilayah Jawa.

Kronik Ibnu Battutah
Ibnu Battutah mengunjungi Kesultanan Samudra Pasai pada tahun 1345 M. Berdasarkan inovasi para arkeologis, pada saat itu Sultan Samudra Pasai sangat baik terhadap ulama dan rakyatnya, bukti yang telah di mampu menggambarkan bahwa Kesultanan Samudra Pasai merupakan kesultanan yang sangat maju. Di sana, Ibnu Battutah bertemu dengan para pedagang dari Tiongkok, India, dan Jawa.

Teori Gujarat
Teori ini mengemukakan bahwa islam masuk ke Indonesia berasal dari Gujarat, India. Teori ini memperkirakan islam masuk pada abad ke-7/13 melalui perdagangan yang terjalin antara masyarakat Nusantara dengan pedagang dari Gujarat,India.

Teori Arab
Teori ini menyatakan bahwa islam masuk ke Indonesia pada era ke-7 M dan dibawa oleh orang-orang arab yang mempunyai semangat untuk membuatkan agama Islam ke seluruh dunia.

Teori Persia
Teori ini dicetus oleh Umar Amir Husen dan Hoesein Djajadiningrat yang menyampaikan bahwa islam masuk ke Indonesia pada masa ke-7dan islam dibawa oleh kaum syiah yang berasal dari Persia. Apa buktinya? ada kesamaan budaya mirip peringatan Asyura dan Tabut, kesamaan ajaran sufi, kesamaan seni kaligrafi pada kerikil nisan, serta penggunnaan tanda baca persia untuk mengeja aksara yang ada dalam Al-Alquran.

Teori China
Teori ini dicetuskan oleh Slamet Mulyana dan Sumanto Al Qurtuby menyatakan bahwa islam masuk ke Indonesia alasannya dibawa oleh para perantau Muslim dari Tiongkok yang datang ke Nusantara. Beberapa bukti yang menguatkan teori ini yakni adanya masjid tua yang memiliki arsitektur khas Tiongkok di Jawa, Raden Patah yang berasal dari keturunan Tiongkok dan terdapat penulisan nama sultan-sultan demak yang ditulis menggunakan istilah Tiongkok.

Masuknya agama Islam di Indonesia secara perlahan meruntuhkan dominasi agama Hindu-Budha. Berikut ini yakni akses masukknya islam di Indonesia
  • Melalui Perdagangan
  • Perkawinan
  • Tasawuf
  • Pendidikan
  • KesenianPolitik

Belum ada Komentar untuk "✘ Proses Penyebaran Islam Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel