✘ Gambar Pertama Dari Black Hole

https://pbs.twimg.com/media/D3yzi3dX4AEnoEp.png

Black Hole

Saat ini sejarah baru telah tercipta, para ilmuwan mampu mengunkap bentuk Black Hole untuk kali pertama. Black Hole tersebut Luasnya 40 miliar km, tiga juta kali ukuran Bumi dan telah digambarkan oleh para ilmuwan sebagai "monster". Lubang hitam berjarak 500 juta triliun km jauhnya dan difoto oleh jaringan dari delapan teleskop di seluruh dunia. Rinciannya telah diterbitkan hari ini di Astrophysical Journal Letters.

Prof Heino Falcke, dari Radboud University di Belanda, yang mengusulkan percobaan itu, menyampaikan kepada BBC News bahwa lubang hitam itu ditemukan di sebuah galaksi berjulukan M87.

"Apa yang kita lihat lebih besar dari ukuran seluruh Tata Surya kita," katanya.

"Ia mempunyai massa 6,5 ​​miliar kali dari Matahari. Dan itu yakni salah satu lubang hitam terberat yang menurut kami ada. Ia yaitu monster diktatorial, juara kelas berat lubang hitam di Semesta."

Gambar tersebut memperlihatkan "cincin api" yang sangat terperinci, seperti yang Prof Falcke gambarkan, mengelilingi lubang hitam yang melingkar tepat. Hal ini mampu terjadi sebab disebabkan oleh gas super panas yang jatuh ke dalam lubang. Cahaya lebih jelas dari campuran miliaran bintang lain di galaksi - itulah sebabnya dia mampu dilihat pada jarak yang begitu jauh dari Bumi.

Tepi bundar gelap di tengah yakni titik di mana gas memasuki lubang hitam, yang merupakan objek yang mempunyai tarikan gravitasi yang begitu besar, bahkan cahaya pun tidak bisa lepas.

Science - Cermin Diskusi

Belum ada Komentar untuk "✘ Gambar Pertama Dari Black Hole"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel