✘ Self Awareness, Salah Satu Faktor Penentu Kesuksesan Karir Seseorang

https://s3.amazonaws.com/wp.bizlibrary.com/wp-content/uploads/2020/09/07103917/EQ-at-work_self-awareness.png
Self awareness atau kesadaran diri merupakan perilaku yang berupaya memerhatikan pikiran, perilaku, perasaan dan dampaknya terhadap orang lain. Saat kamu mempunyai hal tersebut dan menjadikannya habit dalam keseharian, kau berpotensi mengelola hal besar dan dipercayai dengan tanggungjawab penting.Sikap kesadaran diri juga penting dibangun dalam segala lini kehidupan. Meski kamu hanya berada di rumah dan memiliki posisi sebagai ibu rumah tangga, perilaku ini perlu kau tumbuhkan. Apalagi untuk seseorang yang punya pekerjaan di luar rumah dan berhubungan dengan banyak kekerabatan. Sikap ini sangat dibutuhkan semoga keberlangsungan bekerja yang penuh dinamika dapat dihadapi dengan kepala hambar.
1. Percaya diri dan jarang minder
Seseorang dengan tingkat self awareness yang cukup tinggi tidak akan mudah minder. Kamu punya rasa percaya diri setiap dikala. Hal ini dipengaruhi oleh pertimbangan yang matang dikala akan berbicara, bersikap atau mengungkapkan pendapat. Selain itu, tujuan yang jelas juga ikut terlibat. kau juga punya tujuan dan alasan yang kuat untuk mengeluarkan pikiran tertentu lalu ingin diketahui oleh orang lain dengan cara menyampaikannya pribadi dengan hati-hati sebab ada dampak yang sudah diperhitungkan. Tidak ada yang salah ketika kamu bertindak karena semuanya sudah dipertimbangkan. Itulah hal yang membuat seseorang percaya diri.

2. Mampu berkomunikasi dengan efektif

seseorang dengan self awareness yang tinggi juga cenderung mempunyai kemampuan komunikasi yang baik atau efektif. Sebab, orang dengan tingkat kesadaran diri yang besar selalu bisa mengungkapkan pikirannya dengan baik dan teratur. Hal ini juga dipengaruhi dengan tingkat percaya diri yang ada. Semakin besar rasa percaya dirinya, semakin besar pula efektivitas komunikasinya dengan orang dari banyak sekali kalangan.

3. Tidak mudah sakit hati

Orang dengan self awareness tinggi juga tidak gampang tersinggung ataupun sakit hati ketika ada yang memberi kritik, saran dan masukan. Sebab, dia sendiri menyadari bahwa ada kekurangan dari dirinya yang layak untuk diperbaiki dan saat ada orang lain melihat dan menyatakan demikian membuat dia bersyukur dan berterima kasih.
4. Lebih kreatif
Kreativitas seseorang bisa terpantik oleh aneka macam faktor. Satu di antaranya yaitu self awareness yang tinggi. Kesadaran diri membuat seseorang mampu menerima saran, masukan dan kritik dengan baik. Hal-hal tersebut justru memacunya melakukan perubahan. Proses kreativitas akan mengiringi usaha perbaikannya dari waktu ke waktu. Misalnya, dikala bekerja, dia mendapat kritik berupa kinerja yang tidak memuaskan. Maka, dia akan berupaya bekerja dengan eksplorasi mendalam supaya hasilnya membuat pihak atasan tersenyum.
5. Karier jadi lebih sukses
Self awareness juga menjadi faktor penentu kesuksesan karir seseorang. Sebab, dengan sikap demikian, kita tidak bertahan dalam persepsi pribadi yang kadangkala menyesatkan. Pandangan orang lain akan jauh lebih baik dipakai sebagai indikator perbaikan diri disertai relevansi. Itu sebabnya, orang yang mau belajar dan mudah diarahkan menjadikannya lebih sukses dalam bidang masing-masing.

Belum ada Komentar untuk "✘ Self Awareness, Salah Satu Faktor Penentu Kesuksesan Karir Seseorang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel