✘ Sampah Plastik Yang Sulit Terurai

https://scontent.fsub5-1.fna.fbcdn.net/v/t1.0-9/56764646_796306707421011_5875104606219927552_n.jpg?_nc_cat=104&_nc_ht=scontent.fsub5-1.fna&oh=42eb9072fb9b374582edb9150eee0eec&oe=5D33C738
Saat ini, plastik memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya jauh lebih mudah, harganya yang murah, gampang dibentuk dan tahan lama, serta dapat dipakai mulai pembungkus permen sampai pada komponen pesawat luar angkasa. Namun, di balik keunggulan tersebut, plastik mempunyai efek samping yang besar bagi lingkungan sekitar, alasannya sulit terurai secara alami plastik diperkirakan membutuhkan waktu sekitar sampai 1.000 tahun biar plastik mampu terurai di alam. Contohnya mirip pada gambar yang diatas, plastik mi instant tersebut masih tetap utuh, hanya saja warnanya memudar, coba kalian bayangkan mulai dari umur indonesia merdeka yang ke 55 hingga yang ke 73, plastik tersebut bentuknya tetap terjaga.
Mengapa begitu?
Sebagian besar plastik dibentuk dari minyak bumi, bahan yang sama yang dipakai untuk membuat bensin dan solar. Plastik adalah senyawa organik yang terdiri atas rantai atom karbon panjang berulang, rantai panjang ini disebut dengan polimer dan unit terkecil dari polimer ini disebut monomer. Contoh monomer pada plastik yakni propilena. Propilena berikatan satu sama lain dan membentuk rantai panjang yang disebut polipropilena.
Sebetulnya, nasi yang kita makan juga merupakan polimer, begitu juga dengan daun dan kayu. Mereka semua yakni polimer dari gula, tetapi cara molekul gula-nya berikatan membentuk polimer pada nasi berbeda dengan pada kayu, walaupun plastik, nasi, dan kayu sama-sama polimer, nasi dan kayu mudah terurai di alam sedangkan plastik tidak. 
Hal ini terjadi alasannya nasi bisa dimakan oleh basil dan makhluk hidup lainnya dengan memakai alat pemotong yang dikenal sebagai enzim, bakteri dan makhluk hidup lainnya mampu memotong-motong polimer nasi sehingga terurai menjadi monomer gula-nya. Sedangkan untuk plastik hampir tidak ada bakteri yang memiliki enzim yang mampu memotong-motong polimernya. Penguraian plastik di alam terjadi melalui radiasi sinar Matahari, panas, kelembaban, dan tekanan di dalam Bumi yang berlangsung sangat lama.

Belum ada Komentar untuk "✘ Sampah Plastik Yang Sulit Terurai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel