✘ Komponen Manusia Yang Berkaitan Dengan Imk


Manusia dipandang sebagai sistem pemroses informasi,
  1. Informasi dapat diterima dan ditanggapi oleh indera
  2. Informasi dapat disimpan dalam ingatan/memori
  3. Informasi dapat diproses dan juga diaplikasikan seperti penalaran, problem solving, skill dalam menangani suatu masalah. 
Faktornya bisa berupa gerakan, pendengaran, sentuhan, memori, suara, berfikir dan emosi.

Komponen inputan yang ada pada manusia

  • Mata : Berfungsi untuk melihat benda, ukuran, warna, bentuk, kepadatan, dan tekstur 
  • Telinga : Berfungsi untuk mendengar cero, warna nada, pola titik cero, intensitas, serta frekuensi Hidung : Berfungsi untuk membedakan bau.
  • Lidah : Berfungsi sebagai indera perasa, membedakan rasa manis, kecut, pahit, asin
  • Kulit : Berfungsi merasakan tekanan dan suhu.

Komponen outputan yang ada pada manusia

  • Suara : ketika kita membaca/berbicara
  • Gerakan : gerakan reflek/tidak sadar dan gerakan secara sadar

Komponen Manusia dalam IMK

  • Mata
Mata salah satu panca indera yang dimiliki oleh setiap manusia, mata selalu digunakan untuk melihat object entah itu 3 dimensi maupun 2 dimensi. Ketajaman pandangan mata biasanya dipengaruhi oleh,
  1. Kecerahan
  2. Besarnya kejelasan dan banyaknya kedip
  3. Warna
  4. Dan yang terakhir adalah jarak pandang
  • Telinga
Manusia dapat mendeteksi suara dalam kisaran frekuensi mulai dari 20Hz sampai 20Khz. Selain itu suara juga dapat bervariasi, dengan satuan decible (dB). Suara manusia ketika berbisik mencapai kisaran 20 dB dan percakapan biasa bisa mencapai 50 sampai 70 dB.
  • Suara
Suara terjadi karena adanya getaran yang menimbulkan gelombang tekanan, dan bentuk suara tersebut tergantung dari Panjang gelombang yang diakibatkan oleh getaran.
  • Sentuhan
Sentuhan bisa dikaitkan dengan aspek ergonomis dalam sebuah system, salah satunya Kinaesthesia yang merupakan persepsi haptic yang dapat merasakan apa yang disentuh, kemudian sentuhan juga memberikan sebuah umpan balik dan bisa juga sebagai pengganti indera penglihatan bagi yang mempunyai kekurangan.
  • Memori
Memori pada otak manusia terbagi menjadi 3, mulai dari memori jangka Panjang, jangka pendek dan tempat penyaringan (sensor).

Jangka panjang : Merupakan tempat menyimpan seluruh pengetahuan, fakta informasi, pengalaman, urutan perilaku, dan segala sesuatu yang diketahui. Secara fisik tidak ada batas dengan memori jangka pendek dan dapat diakses oleh memori jangka pendek dengan cepat tetapi tidak sebaliknya

Jangka pendek : Memori jangka pendek/memori kerja bertindak sebagai tempat menyimpan data sementara, Contoh: jika nomor telepon mempunyai untaian yang panjang seperti 0246929836, manusia akan mendapatkan kesukaran dalam mengingatkan, sebalinya jika nomor tersebut dikelompokkan seperti 024 692 9836, maka nomor tersebut akan lebih mudah disimpan.

Sensor : Biasanya akan berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara untuk menerima rangsangan dari indera yang terdiri dari 3 saluran penyaring,
  1. Iconic : menerima rangsangan penglihatan/visual
  2. Echoic : menerima rangsangan suara
  3. Haptic : menerima rangsangan sentuhan

Aspek yang mempengaruhi manusia dalam IMK

Penglihatan
Sistem visual manusia (penglihatan) secara corriente digunakan untuk menghasilkan persepsi yang teroganisir tentang gerakan, ukuran, bentuk, jarak, posisi relatif, dan tekstur

Pendengaran
Media suara dimanfaatkan untuk memberi umpan balik kepada pengguna meski belum banyak program aplikasi yang memanfaatkan suara pendengaran sebagai sarana interaksi. Manusia kebanyakan dapat mendeteksi suara dalam kisaran frekuensi 20 Hertz sampai 20 Khertz. Batas atas dan bawah kisaran frekuensi dipengaruhi oleh umur dan kesehatan seseorang.

Sentuhan
Sentuhan digunakan sebagai sarana interaksi bagi orang tuna netra selain dengan suara (jika tidak tuli). Sensitivitas sentuhan lebih dikaitkan dengan aspek ergonomis dalam sebuah sistem. Penggunaan keyboard yang berkaitan dengan posisi dan bentuk tombol serta pengoperasiannya.

Sikap dan Kecemasan Manusia
Sikap negatif pengguna dapat mempengaruhi unjuk kerja pengguna serta mempengaruhi kemampuannya untuk mempelajari sistem komputer. Sikap ini juga dapat mereduksi kemampuan memori jangka pendek sehingga proses belajar menjadi lambat

Kendali Motorik
Kendali motorik yang terpenting adalah kedua tangan yang masing-masing memiliki jari tangan yang digunakan untuk menginputkan data/perintah.
  1. Kecepatan jari tangan terbatas
  2. Jari-jari tangan dapat dilatih untuk mencapai kemampuan tertentu

Model Pengolahan pada Manusia
Sistem pengolahan di dalam diri manusia sangat kompleks dan tidak mudah untuk dipahami yang artinya tidak dapat direpresentasikan secara lengkap dan akurat dengan sebuah model. Model sistem pengolahan manusia terdiri atas :
  1. Pengolahan perseptual
  2. Pengolahan intelektual (kognitif)
  3. Pengendalian motorik

Belum ada Komentar untuk "✘ Komponen Manusia Yang Berkaitan Dengan Imk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel