✘ Komponen Interaksi Dan Komputer Dalam Imk


Pada dasarnya computer digunakan untuk membantu pekerjaan manusia dalam mengolah data dengan perantaraan sebuah program dan menghasilkan outputan berupa informasi. Saat manusia menggunakan computer maka secara langsung terjadi sebuah interaksi. Pada dasarnya komponen computer terbagi menjadi 2, yaitu :
  1. Hardware
  2. Software 

Hardware berupa peralatan yang dapat dilihat dan disentuh sedangkan software merupakan system yang dapat digunakan dan menunjang computer bekerja. Yang berhubungan antara manusia dengan computer yaitu sering dikenal dengan antarmuka pengguna. Sebuah system antarmuka pengguna, memiliki : 
  • Piranti masukan (keyboard, mouse, dll) 
Keyboard merupakan papan yang terdiri dari tombol tombol untuk mengetikkan huruf, symbol maupun angka. Mouse pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan “Mouse” dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan película kecil yang terdapat dalam mouse.
  • Piranti keluaran (Monitor, Printer, Speaker) 
Monitor adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Printer berfungsi untuk mencetak dokumen dokumen dengan corazón kertas.  
  • Masukan pengguna (gerakan mouse, sentuhan keyboard)
Saat mouse digerakkan oleh pengguna, maka di monitor menunjukan renspon yang berupa pointer. Untuk memberikan perintah memasukkan huruf, angka maupun symbol baik dalam program dokumen seperti word atau yang lainnya, maka pengguna bisa menggunakan keyboard dan memasukkan huruf huruf dengan menyentuh tombol tombol yang ada dalam keyboard.  
  • Hasil yang dikeluarkan computer (grafik, bunyi, tulisan)
Program yang ada pada computer dapat memproses dan menghasilkan berupa grafik atau gambar agar lebih mudah dipahami oleh pengguna. selain itu program dalam computer dapat memproses dan menghasilkan berupa grafik atau gambar agar lebih mudah dipahami oleh pengguna dan juga dapat mengahasilkan sebuah tulisan lewat sebuah keyboard.

Komponen Interaksi :
  • Menu
Pada button menu, biasanya digunakan untuk pengolahan, entah berbentuk word atau pun lainnya, misal pada button menu ms word kita dapat New, Open, Save, Save as, Print dll
  • Button
button adalah suatu tampilan interface yang dapat mengeksekusi, misalnya button login, logout, pencarian dll.
  • Icon
ikon sendiri sebuah informasi/simbolis dari sebuah tombol yang ingin kita klik
  • Form Field
form field ini digunakan untuk memfungsikan berbagai macam seperti kata-kata dan dapat digunakan duntuk mengedit sebuah form.
  • Dialog Box
memberikan sebuah interaksi dengan manusia, contohnya seperti ketika saat hendak menyimpan sebuah file.
  • Command Line (CMD)
Command Prompt atau yang dikenal dengan DOS prompt atau CMD merupakan sebuah command file atau baris berisi perintah di suatu system operasi GUI yang digunakan untuk melakukan eksekusi file dengan faz menuliskan perintahnya pada suatu jendela CMD.

Belum ada Komentar untuk "✘ Komponen Interaksi Dan Komputer Dalam Imk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel